Have an account?

Tulis Emailmu Dan Dapatkan Info Terbaru Rahmat



Rabu, 30 Juli 2014

Motor Stepper dan Driver Motor Stepper

MOTOR STEPPER

Motor Stepper atau motor langkah merupakan suatu jenis motor yang dapat digunakan untuk memindahkan sebuah benda atau beban dengan jarak perpindahan yang kecil. Berbeda halnya dengan motor-motor lain, yang bergerak dengan perputaran yang kontiniyu/mulus, motor langkah bergerak dengan perputaran yang kaku. Motor langkah bergerak dari posisi tertentu ke posisi berikutnya seperti gerak melangkah (step). Karena itulah motor ini dinamakan motor langkah (Stepper Motor).

Motor langkah banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Bila anda pernah melihat printer Epson LX-800, atau Epson L2170, atau printer lain yang sejenis (dot-matrix printer), Anda akan menemukan dua buah motor langkah, yaitu motor langkah untuk menggerakan kepala printer dari posisi satu karakter ke karakter berikutnya, dan motor langkah untuk menggerakan kertas (pada saat perpindahan baris), Motor langkah juga digunakan untuk menggerakan kepala baca tulis ke track tertentu pada disket dan menggerakan pena pada plotter. Masih banyak penggunaan lain pada motor langkah. Motor-motor langkah yang umum digunakan mempunyai jangkauan langkah berputar antar 0,9o sampai dengan 30o. Motor-motor tersebut adalah motor langkah dua atau empat fase.

Secara toritis, sebuah motor langkah berukuran kecil dapat digerakan secara langsung oleh microprosesor. Dalam kenyataannya, arus dan tegangan yang dapat dikeluarkan oleh mikroprosesor terlalu kecil untuk menggerakan sebuah motor langkah kecil. Sebagai perbandingan, gerbang-gerbang tipe TTL dalam mikroprosesor hanya mampu mengeluarkan arus dalam orde mili-ampere dan tegangan 2 sampai 2,5 volt. Sementara itu untuk menggunakna motor langkah dibutuhkan arus yang cukup besar (dalam orde ampere) dengan tegangan sebesar 5-24 volt.

Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah piranti tambahan yang dapat memenuhi kebutuhan arus dan tegangan yang cukup besar itu, yaitu dengan menambahkan suatu rangkain transistor yang dikenal dengan nama rangkain Darlington. Atau dapat juga dengan menggunakan rangkauan Driver motor stepper.


DRIVER MOTOR STEPPER MENGGUNKAN IC
Driver motor stepper yang menggunakan IC hanya membutuhkan sebuah IC untuk dapat mengendalikan sebuah motor stepper. Banyak jenis IC yang dapat digunakan untuk membuat driver motor stepper, seperti tipe ULN 2003, ULN 2803, UCN 5804B, MC 1413, UDN 2544B, dan lain-lain. Untuk menyederhanakan pembahasan maka akan dibatasi pada penggunaan IC ULN 2003.

Jika ingin membuat driver menggunakan IC ULN 2003, maka tidak diperlukan ladi komponen-kompen seperti resistor, dioda dan transistor. Didalam IC 2003, komponen-komponen tersebut sudah dirangkai mejadi suatu kesatuan. Kita hanya tinggal menghubungkan keluaran IC ke motor stepper dan menghubungkan masukan IC ke Pararel Port.

Untuk membuat rangkaian driver motor stepper menggunakan IC dibutuhkan komponen-komponen elektronika yang lain sebagai komponen pendukung agar rangkaian driver dapat bekerja secara aman. Komponen-komponen tersebut adalah IC ULN 2003, PCB, Catu daya, dan Konektor 4 pin.

IC ULN 2003 adalah sebuah IC dengan ciri memiliki 7-bit input, tegangan maksimal 50 vlt dan arus 500 mA. IC ini termasuk jeis TTL. Di dalam IC ini terdapat transistor darlington. Transistor Darlington merupakan 2 buah transistor yang dirangkai dengan konfigurasi khusus untuk mendapatkan penguatan ganda sehingga dapat menghasilkan penguatan arus yang besar.IC ULN 2003 merupakan IC yang mempunyai 16 buah pin. Pin-pin ini ada yang berfungsi sebagai input (yang akan dihubungkan ke pararel port), output (yang akan di hubungkan ke motor stepper) dan ada yang berfungsi sebagai pin untuk catu daya. Catu daya ini terdiri dari catu daya (+) dan ground. Besar catu daya yang dibutuhkan tergantung pada type motor stepper.


ARTIKEL YANG TERKAIT:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar