Have an account?

Tulis Emailmu Dan Dapatkan Info Terbaru Rahmat



Kamis, 11 September 2014

Gejala Kerusakan VGA Laptop dan Solusi

Berkaitan dengan masalah yang terjadi dengan sebuah tampilan pada laptop, maka analisa pertama kita tidak akan jauh-jauh selain kepada VGA (Video Graphics Array), walaupun perangkat lain pun bisa saja mempengaruhi. Untuk itu kita harus mengetahui indikator akan terjadinya gejala-gejala kerusakan pada VGA. Berikut ini ada beberapa gejala-gejala kerusakan pada VGA yang biasa dijumpai, dan mudah-mudahan solusi yang ada disini bisa memberikan pencerahan dalam menentukan sikap apa yang harus dilakukan.

GEJALA KERUSAKAN VGA LAPTOP
Ketika laptop dijalankan laptop jalan tetapi tidak ada tampilan, muncul karakter aneh dan random di layar
SOLUSI:
1. Karakter aneh di layar ini sering ditemukan pada laptop yang menggunakan VGA NVIDIA. Sony yang sering  menggunakan  ini, tahu persis tentang masalah ini dan Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki laptop Anda tanpa dikenakan biaya jika laptop anda adalah Sony.
2. Ada pilihan lain jika card video terpisah, masih bisa anda menggantinya.

GEJALA KERUSAKAN VGA LAPTOP
Ketika Anda start laptop, ada jalur berjalan  melalui  logo produsen. Windows tidak bisa loading. Garis Yang sama berjalan melalui logo muncul pada monitor eksternal. Kemungkinan penyebab adalah kegagalan Video card.
SOLUSI:
1. Bila ada garis berjalan melalui logo pada layar laptop internal maupun eksternal, kemungkinan besar laptop memiliki kartu video rusak. Jika kartu video modul diskrit, Anda dapat mencoba reseating kartu. Cabut dari motherboard dan plug kembali sebab mungkin kegagalan ini terjadi karena koneksi yang buruk antara  kartu video  dan motherboard.
2. Jika langkah di atas tidak membantu, Anda harus mengganti kartu  video.  Dalam  kebanyakan laptop video card terintegrasi ke dalam motherboard maka untuk ini anda perlu melakukan reflow atau reball agar diganti secara terpisah.

GEJALA KERUSAKAN VGA LAPTOP
Laptop jatuh dan layar putih menjadi. Video pada monitor eksternal bekerja dengan baik tapi  layar  laptop hanya menunjukkan warna putih, tidak ada yang lain.Kemungkinan penyebabnya:
1. Kabel video terlepas dari layar LCD. 
2. Layar LCD rusak.
SOLUSI:
1. Periksa koneksi antara kabel video dan layar LCD. Ada kemungkinan bahwa kabel video terputus ketika laptop jatuh. Coba hubungkan kembali kabel video dulu.  Pastikan  kabel  video dalam keadaan baik sepanjang jalan turun ke konektor di bagian belakang layar LCD.
2. Jika menghubungkan kembali kabel tidak membantu, paling mungkin adalah layar LCD rusak. Layar harus diganti.

GEJALA KERUSAKAN VGA LAPTOP
Gambar di layar LCD laptop sangat kacau baik pada layar internal  maupun  eksternal. Dalam beberapa kasus gambar kacau muncul pada  saat laptop dinyalakan.  Dalam kasus lain video bekerja dengan baik dalam safe mode tetapi tidak dalam mode normal. Tapi gambar selalu gagal pada kedua layar internal  dan monitor eksternal. Menginstal  ulang driver video tidak memperbaiki  masalah. Kemungkinan penyebabnya:
1. Kegagalan share memori.
2. Video card rusak
SOLUSI:
1. Jika laptop menggunakan shared memori video (bagian dari memori utama yang digunakan untuk keperluan video), mungkin saja  bahwa modul  RAM  rusak. Jalankan Memtest86+ dan jika tes gagal, ganti modul RAM.
2. Uji laptop Anda dengan modul RAM yang masih  baik  untuk mencari tahu apakah  itu memperbaiki masalah.
3. Jika memori baru tidak mengatasi masalah Anda, kemungkinan besar kartu video rusak. Dalam kebanyakan laptop video card terintegrasi  ke dalam motherboard. Lakukan reflow atau reball

GEJALA KERUSAKAN VGA LAPTOP
Laptop menampilkan beberapa karakter acak pada layar dengan logo produsen pada start awal. Karakter acak tersebar di seluruh layar dan muncul segera setelah Anda start laptop. Anda   dapat membedakan  garis  vertikal atau  karakter  acak. Kemungkinan penyebabnya:
1. Kegagalan shared memori video.
2. Kerusakan Video card
3. Kerusakan LCD monitor
SOLUSI:
1. Jika laptop Anda adalah shared memori video (bagian  dari memori utama yang digunakan untuk keperluan video), cobalah mengganti modul memori yang masih baik dan uji laptop.
2. Uji laptop dengan monitor eksternal.  Jika karakter acak muncul di layar baik internal maupun eksternal, kemungkinan besar masalah Anda berhubungan dengan kartu video. Jika card video adalah add on silahkan ganti.  Tetapi  jika  card  video onboard lakukan reflow dan atau reball chip
3. Jika karakter acak hanya muncul di laptop LCD screen tapi pada layar eksternal bekerja normal, kemungkinan besar itu terkait dengan layar LCD. Anda harus mengganti layar LCD nya.

Selengkapnya mengenai gejala kerusakan VGA....


ARTIKEL YANG TERKAIT:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar