Untuk membuat kalkulator sederhana di MIT App Inventor, buat proyek baru, desain antarmuka pengguna dengan Label dan beberapa Button (untuk angka 0-9, operator, dan "Sama Dengan"), lalu atur logika di bagian Blocks dengan membuat variabel untuk menyimpan angka dan operator, serta membuat fungsi untuk menangani input, perhitungan, dan reset.
-
1. Desain antarmuka (Designer)
Buka App Inventor dan buat proyek baru bernama "Calculator".
Gunakan VerticalArrangement untuk mengatur tampilan tombol agar rapi.
Seret dan letakkan komponen:
TextBox (atau Label) untuk menampilkan hasil. Beri nama Display atau Label1.
16 Button untuk angka 0-9, operator (+, -, *, /), titik (.), tombol hapus (C), dan sama dengan (=). Beri nama sesuai fungsinya (misalnya Button1 untuk '1', ButtonPlus untuk '+').
2. Atur logika (Blocks)
Masuk ke tab Blocks untuk mulai membuat kode.
Buat variabel global untuk menyimpan nilai dan operator. Contoh: global number1, global operator, global is_new_number.
Atur tombol angka (0-9):
Gunakan when Button1.Click (untuk tombol '1').
Jika is_new_number adalah true, ganti isi Display dengan Button1.Text dan set is_new_number menjadi false.
Jika tidak, tambahkan Button1.Text ke teks yang sudah ada di Display.
Duplikasi blok ini untuk setiap tombol angka lainnya.
Atur tombol operator (+, -, *, /):
Gunakan blok when ButtonPlus.Click.
Set global number1 ke angka yang ada di Display.
Set global operator ke ' + '.
Set is_new_number menjadi true agar input berikutnya akan menimpa angka yang sudah ada.
Atur tombol sama dengan (=):
Gunakan when ButtonEquals.Click.
Panggil fungsi untuk melakukan perhitungan berdasarkan global operator yang tersimpan, menggunakan global number1 dan angka yang ada di Display.
Atur tombol hapus (C):
Gunakan when ButtonClear.Click.
Set semua variabel dan Display menjadi 0.
ARTIKEL YANG TERKAIT: